TERJAWAB! Allah Swt. Tidak Serta Merta Mengharamkan Sesuatu, Tetapi Terlebih Dahulu Pola Pikir dan Jiwa

- Kamis, 16 Maret 2023 | 07:00 WIB
Jawaban Allah Swt. tidak serta merta mengharamkan sesuatu, tetapi terlebih dahulu pola pikir dan jiwa manusia diajak untuk bersama-sama menilainya, sehingga ini wajib dan itu haram (Pixabay)
Jawaban Allah Swt. tidak serta merta mengharamkan sesuatu, tetapi terlebih dahulu pola pikir dan jiwa manusia diajak untuk bersama-sama menilainya, sehingga ini wajib dan itu haram (Pixabay)

DIKASIH INFO - Berikut ini, Allah Swt. tidak secara langsung mengharamkan suatu hal, tetapi lebih mengajak manusia untuk mengevaluasi dan menilainya berdasarkan pola pikir dan jiwa yang dimilikinya. Dalam hal ini, ada yang dianggap wajib dan ada yang dianggap haram.

Ayat terakhir yang menjelaskan tentang khamr adalah sering ditanyakan oleh para siswa, terutama dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti untuk kelas 11 SMA atau SMK.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, dapat ditemukan pada buku paket PAI kelas 11 SMA Cetakan pertama, 2021 Kurikulum Merdeka yang disusun oleh Abd. Rahman dan Hery Nugroho dan diterbitkan oleh Kemendikbud.

Buku tersebut memberikan penjelasan tentang khamr sebagai jenis minuman atau makanan yang dapat memabukkan dan menghilangkan kesadaran seseorang.

Baca Juga: TERJAWAB! Kenakalan Pelajar Atau Remaja, Menurut Sarlito W. Sarwono Adalah Tindakan Oleh Seseorang yang Belum?

Selain itu, buku tersebut juga mengutip sabda Rasulullah Saw. yang menyatakan bahwa "Setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap khamr adalah diharamkan" (HR. Ahmad dan Abu Daud).

Namun, alkohol yang digunakan untuk keperluan medis atau sebagai campuran zat kimia lainnya tidak termasuk dalam kategori khamr dan diperbolehkan untuk digunakan.

Dengan demikian, penilaian tentang suatu hal seperti khamr tidak hanya ditentukan oleh perintah langsung dari Allah Swt., tetapi juga melalui evaluasi dan penilaian manusia yang berdasarkan pola pikir dan jiwa yang dimilikinya.

Berikut adalah pertanyaannya:

Allah Swt. tidak serta merta mengharamkan sesuatu, tetapi terlebih dahulu pola pikir dan jiwa manusia diajak untuk bersama-sama menilainya, sehingga ini wajib dan itu haram.

Baca Juga: TERJAWAB! Adanya Perkelahian Pelajar Dipengaruhi Banyak Faktor, Salah Satunya Karena Faktor yang DIkenal

Berikut ini, merupakan ayat yang terakhir menjelaskan tentang khamr, yakni:

A. Q.S. al-Māidah/5: 90

B. Q.S. al-Māidah/5: 191

C. Q.S. al-Māidah/5: 195

Halaman:

Editor: Sri Saniyati

Sumber: Buku Kemdikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X